
Program keahlian Pemasaran, berada di bawah bidang keahlian Bisnis Manajemen.Tujuan Program Keahlian Pemasaran adalah menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berakhlak mulia, mempunyai pengetahuan dan keterampilan serta sikap profesional dan membekali peserta didik dengan kemampuan soft skills dan hard skills yang meliputi:
- Memahami proses bisnis bidang pemasaran di berbagai industri;
- Memahami perkembangan teknologi dan isu-isu terkini terkait dunia pemasaran;
- Memahami profil pekerjaan/profesi (job profile) dan peluang usaha di bidang pemasaran;
- Memahami prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja, menangani keadaan darurat, dan mempertahankan standar penampilan pribadi;
- Memahami pola komunikasi dengan pelanggan;
- Memahami dasar-dasar dalam pemasaran barang dan jasa dengan mengobservasi pasar dan mengidentifikasi segmenting, targeting, dan positioning (stp marketing) pada ritel modern maupun tradisional, baik online maupun offline;
- Memahami pola pelayanan pelanggan, berdasarkan prinsip pelayanan prima dengan penuh percaya diri; dan
- Memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang dan jasa, dengan mengenali sinyal-sinyal calon pelanggan agar dapat mewujudkan kepuasan pelanggan.
- Menerapkan ekonomi bisnis dan administrasi umum;
- Menganalisis marketing;
- Melakukan customer service;
- Melakukan komunikasi bisnis;
- Menganalisis pengelolaan bisnis ritel;
- Mengevaluasi strategi marketing visual merchandising;
- Melakukan pengemasan dan pendistribusian produk; dan
- Membuat administrasi transaksi.