
Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata bertujuan membekali peserta didik dengan kemampuan soft skills dan hard skills melalui proses pembelajaran:
- Memahami proses bisnis industri pariwisata;
- Memahami kerja sama yang efektif dengan kolega dan pelanggan;
- Memahami kerja sama dalam lingkungan sosial yang berbeda;
- Memahami prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja;
- Memahami tentang peluang berwirausaha, jiwa kewirausahaan,
serta strategi berwirausaha di bidang pariwisata;
- Menerapkan komunikasi secara efektif melalui telepon; dan
- Mengenal praktik dengan menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi dalam layanan pariwisata.
- Menerima dan memproses pemesanan serta menghitung harga dan
- Menyiapkan tiket transportasi udara, darat, dan laut;
- Merencanakan dan mengelola perjalanan wisata;
- Mengelola kegiatan mice secara luring dan/atau daring;
- Memasarkan produk wisata secara digital; dan
- Memimpin rombongan wisata dan bekerja sebagai pemandu wisata.